Simak Cara Mengamankan Akun Facebook Terampuh Berikut Ini!

Daftar Isi [Tampil]

Simak Cara Mengamankan Akun Facebook Terampuh Berikut Ini!
Cara-Mengamankan-Akun-Facebook-Terampuh-Berikut-Ini

Saat ini semakin marak adanya kasus akun Facebook yang diretas. Biasanya akun tersebut digunakan untuk melakukan penipuan atau tujuan jahat lainnya. Untuk membantu mencegah hal tersebut, ada beberapa cara mengamankan akun Facebook yang dapat digunakan. Sebaiknya simak langkah-langkah mengamankan akun secara lebih lengkap di bawah ini!

1. Gunakan Fitur Autentifikasi Dua-Faktor

Pertama yang harus dilakukan untuk mengamankan akun adalah memastikan pengguna mengaktifkan fitur Autentifikasi Dua-Faktor. Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan kata sandi pada akun miliknya. Ketika pengguna mengakses akun Facebook menggunakan perangkat yang berbeda, maka ia harus memasukkan kata sandi yang telah ditambahkan pada fitur tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat menuju ke halaman menu Pengaturan & Privasi yang ada di bagian kanan atas halaman browser Facebook. Kemudian pilih opsi pengaturan dan masuk ke halaman Keamanan & Info Login. Pada halaman tersebut cari kolom Autentifikasi Dua-Faktor dan ikuti instruksinya.

2. Pastikan Password yang Digunakan Kuat

Salah satu penyebab akun mudah diretas adalah kata sandi yang digunakan tidak kuat. Biasanya pengguna cenderung senang menggunakan kata sandi yang mudah diingat, misalkan tanggal lahir atau nomor telepon. Hal ini ternyata memudahkan pihak peretas untuk membuka akun Facebook miliknya.

Jadi untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pengguna mengganti kata sandi miliknya dengan kombinasi angka, huruf, serta huruf kapital. Pengguna juga dapat menambahkan opsi karakter untuk memperkuat kata sandi yang dimiliki. Bagi yang kesulitan membuat kata sandi, saat ini sudah hadir banyak aplikasi yang dapat membantu pengguna menghadirkan kata sandi rumit namun mudah diingat.

3. Ubah Kata Sandi Secara Berkala

Cara mengamankan akun Facebook yang ketiga adalah dengan melakukan penggantian kata sandi secara berkala. Hal ini untuk menyulitkan peretas masuk ke dalam akun Facebook pengguna. Kata sandi yang terus menerus sama membuat peluang akun diretas semakin besar. Apalagi jika akun sudah pernah diretas sebelumnya dan pengguna masih menggunakan kata sandi yang sama. Akses pada akun pengguna pun terbuka lebar untuk para peretas.

Tetapkan waktu penggantian kata sandi secara berkala. Misalkan setiap 3 atau 6 bulan. Lalu jangan lupa ganti kata sandi dengan kata-kata yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini juga berlaku untuk media sosial lainnya atau aplikasi yang membutuhkan kata sandi.

4. Aktifkan Fitur Notifikasi Login

Selanjutnya untuk memastikan akun tetap aman, sebaiknya aktifkan fitur notifikasi login. Adanya fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapat pesan peringatan apabila ada akses yang dirasa mencurigakan pada akun pengguna. Notifikasi ini akan dikirimkan melalui layanan aplikasi Facebook, email, hingga pesan singkat pada nomor yang telah didaftarkan pengguna.

Pada notifikasi tersebut terdapat link This Wasn’t Me untuk memulihkan kembali akun jika ternyata bukan pemilik akun yang melakukan akses tersebut. Untuk mengaktifkan notifikasi ini, pengguna dapat masuk ke bagian Pengaturan & Privasi, lalu pilih opsi Keamanan dan Login. Kemudian segera aktifkan fitur peringatan login.

5. Tambahkan Kontak Terpercaya

Pengguna juga dapat menambah keamanan akun dengan mengaktifkan fitur kontak terpercaya. Fitur ini membantu pengguna untuk mengakses kembali akun miliknya. Yakni melalui akun teman terpercaya yang telah ditambahkan ke dalam list Kontak Terpercaya.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, yaitu dengan menuju ke halaman Pengaturan & Privasi lalu memilih menu Keamanan & Login. Pada menu tersebut terdapat pilihan fitur Pilih Teman yang Dihubungi. Masukkan daftar teman-teman terpercaya ke dalam list tersebut.

Kelima cara mengamankan akun Facebook di atas dapat dicoba untuk memperkuat keamanan akun Facebook pengguna. Di tengah banyaknya kasus peretasan akun media sosial seperti saat ini, peningkatan kemanan akun perlu dilakukan. Hal ini untuk mencegah akun berpindah tangan dan digunakan untuk tujuan tindak kejahatan!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak