5 Tips Membuat Poster dengan Canva yang Wajib Dicoba

Daftar Isi [Tampil]

5 Tips Membuat Poster dengan Canva yang Wajib Dicoba
5 Tips Membuat Poster dengan Canva yang Wajib Dicoba

Canva menjadi salah satu platform desain grafis yang memudahkan pengguna dalam membuat desain untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk dalam pembuatan poster. Untuk mendapatkan hasil poster terbaik ada beberapa tips membuat poster dengan Canva yang dapat dicoba. Apa saja tips-tips yang harus dilakukan? Detail seputar tips tersebut akan dibedah lengkap di sini!

1. Buat Konsep Poster Lebih Dahulu

Tips pertama dalam membuat poster dengan menggunakan Canva adalah pastikan jika konsep poster sudah dibuat dengan matang. Untuk membuat poster harus diperhatikan lebih dahulu tujuan pembuatan poster tersebut. Apakah untuk tujuan promosi, edukasi, atau untuk pengumuman acara tertentu. Dari sana kemudian dapat ditentukan target audiens yang akan dituju dalam pembuatan poster terkait.

Tidak hanya itu, jangan lupa buat konsep detail mengenai poster, seperti material, layout, hingga komponen informasi yang akan ditampilkan pada poster. Ini akan menjadi acuan nantinya untuk pembuatan poster. Untuk memudahkan pembuatan poster, dapat juga dibuat sketsa kasar sesuai konsep yang telah diangankan.

2. Pilih Ukuran Poster yang Sesuai

Selanjutnya jangan lupa untuk memilih ukuran poster yang akan dibuat. Pada Canva terdapat beberapa ukuran poster yang dapat digunakan. Mulai dari ukuran A1 hingga ukuran A10. Selain itu juga terdapat ukuran Landscape. Tapi bagaimana jika ukuran poster yang diinginkan tidak terdapat pada daftar tersebut? Tenang, tidak perlu khawatir, karena ada opsi ukuran khusus pada bagian atas pilihan ukuran.

Melalui menu Ukuran Khusus, jenis ukuran poster dapat dibuat custom sesuai kebutuhan. Caranya dengan memasukkan ukuran tinggi dan lebar pada kolom yang tersedia. Jangan lupa pilih ukuran poster apakah mm, cm atau ukuran lain. Jika sudah, pilih tombol buat desain baru dan halaman poster pun akan tampil di lembar kerja Canva.

3. Maksimalkan Pilihan Tema

Tips membuat poster dengan Canva yang ketiga adalah memaksimalkan pilihan tema yang ada. Di Canva tersedia berbagai macam template poster yang dapat dipilih. Tema yang ada bermacam-macam, mulai dari tema poster untuk promosi, acara musik, dan berbagai tema lain yang dapat digunakan secara bebas.

Bagi yang ingin membuat poster dengan lebih mudah, dapat memanfaatkan tema-tema yang ada di dalam template poster tersebut. Pilih tema yang sesuai dengan Kebutuhan poster. Lalu jangan lupa untuk melakukan modifikasi agar lebih estetik dan sesuai dengan keperluan pembuatannya.

4. Tambahkan Ornamen dan Teks yang Menarik

Selain memiliki banyak desain poster yang dapat digunakan sesuai tema, Canva juga memiliki berbagai ornamen menarik yang dapat diaplikasikan pada poster. Ornamen-ornamen yang ada dapat ditemukan di bagian menu elemen yang ada di barisan sebelah kiri halaman Canva. Untuk mencari ornamen yang diinginkan, pengguna cukup mengetikkan kata kunci dari ornamen yang dicari.

Tidak hanya menambahkan ornamen, pengguna Canva juga dapat mempercantik poster dengan menambahkan atau mengubah teks yang ada pada template desain poster. Ada berbagai macam pilihan font yang disediakan oleh Canva. Baiknya, sesuaikan pemilihan font dengan konsep yang dibuat pada poster tersebut.

5. Simpan dengan Resolusi Tinggi

Jika poster sudah selesai dibuat sekarang saatnya menyimpan poster untuk dibagikan atau dicetak. Sebaiknya simpan poster dengan resolusi tinggi, ini untuk mencegah poster menjadi pecah saat dicetak dalam ukuran yang besar. Pengguna dapat memilih jenis file hingga kualitas piksel pada saat menyimpan draft poster.

Dalam proses penyimpanan file tersebut, ada beberapa opsi penyimpanan premium yang ditawarkan pada pengguna. Untuk mendapatkan opsi penyimpanan premium ini, pengguna dapat memilih fitur yang bertanda mahkota emas. Pembayaran dapat dilakukan dengan memilih opsi lanjutkan ke pembayaran yang ada di bagian bawah halaman pop up.

Pada Canva terdapat berbagai fitur yang dapat membantu pengguna membuat desain poster yang cantik, sehingga banyak dipilih masyarakat. Namun, terkadang masih ada juga yang mengalami kebingungan saat memanfaatkannya. Karena itulah, berbagai macam tips membuat poster dengan Canva yang disajikan di atas, mungkin dapat membantu menangani kebingungan tersebut!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak