Cara Membuat Sorotan di IG Tanpa Membuat Story

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menghidupkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Qur’an Indonesia

Adakah cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story terlebih dahulu? Barangkali pertanyaan serupa ini kerap terlontar dari para pengguna Instagram. Lantaran, banyak pengguna yang terkadang ingin menampilkan banyak hal di fitur Sorotan tanpa harus muncul di story pengguna lainnya terlebih dahulu. Namun, mungkinkah hal ini untuk dijalankan betulan? 

Meski hal ini banyak dicari, namun nyatanya tidak ada cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story terlebih dahulu. Karena pada prinsipnya sorotan akan menyimpan otomatis, jika story dibuat oleh pengguna telah mencapai waktu satu kali 24 jam. Walau demikian, bagi pengguna yang ingin sorotan tidak muncul di laman story pengguna lain, maka ada alternatif cadangan yang dapat dijalankan. Simak tutorial berikut untuk memahaminya! 

1. Jadikan Profil IG Pribadi

Jika para pengguna masih dalam profil publik, maka alihkan ke profil pribadi terlebih dahulu. Hal itu bisa dilakukan selama kurun waktu minimal 24 jam. Namun, jika akun profil IG sudah pribadi, maka bisa langsung saja ke tahap berikutnya. Adapun cara untuk menjadikan profil IG pengguna menjadi pribadi, yaitu sebagai berikut:

  • Pilih menu tiga garis di layar aplikasi IG pengguna;
  • Klik menu Pengaturan dengan lambang lingkaran yang bergerigi; dan
  • Klik menu Privasi dan aktifkan akun pribadi.

2. Ubah Pengaturan Story IG

Mengubah pengaturan privasi story merupakan tahap selanjutnya yang bisa pengguna lakukan. Yakni caranya para pengguna harus menyembunyikan story dari semua pengikut secara manual. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan cerita dari pengikut IG pengguna tersebut, yaitu:

  • Buka pengaturan IG pengguna;
  • Klik menu Kontrol Cerita;
  • Klik opsi Sembunyikan cerita dari;
  • Pilih atau tandai semua pengikut secara manual dengan mengetuk gelembung kecil pada sisi kanan; dan
  • Klik menu Periksa pada sudut kanan atas.

3. Unggah Story IG

Setelah menjadikan profil IG pribadi dan mengubah pengaturan story IG, maka cara yang selanjutnya yaitu dengan mengunggah story seperti biasa. Setelah mengunggah story IG, maka otomatis para pengikut dari IG pengguna tidak akan bisa melihat isi dari cerita tersebut. Ini sama seperti ketika pengguna memprivasi status pada media sosial lain semacam Whatsapp atau Facebook.

4. Tambahkan ke Sorotan

Setelah story IG sudah diunggah, maka pengguna bisa langsung menambahkan story ke sorotan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara membuka story IG dan klik menu Highlight pada bagian bawah layar IG. Kemudian, para pengguna bisa langsung memilih menu sorotan atau buat yang baru.

Lalu, ada hal yang perlu diperhatikan juga dalam melakukan ini agar pengguna tidak melakukan kesalahan. Dan hal itu ialah para pengguna tidak boleh menghapus story IG terlebih dahulu selama 24 jam. Lantaran, sorotan akan terhapus jika pengguna sudah menghapus story IG sebelum kurun waktu 24 jam.

5. Perlihatkan Semua Orang

Setelah 24 jam story IG diunggah, maka story otomatis akan pindah ke arsip IG. Lalu, hal selanjutnya yang harus pengguna lakukan yaitu memperlihatkan kembali kepada semua orang. Adapun cara untuk melakukan hal tersebut, yaitu:

  • Pilih menu Pengaturan IG;
  • Klik menu Kontrol Cerita;
  • Pilih opsi Sembunyikan cerita dari; dan
  • Batalkan semua pengikut yang sebelumnya sudah ditandai.

Berdasarkan informasi yang disampaikan di atas, maka dapat dipastikan bahwa memang tidak tersedia cara membuat sorotan di IG tanpa membuat story. Akan tetapi, bagi pengguna yang ingin merahasiakan story sebelum jadi sorotan, hal tersebut sangat bisa dijalankan. Yakni dengan mengikuti sejumlah tutorial praktis yang tadi sudah diterangkan! Kini dengannya, sorotan pun bisa dibuat leluasa tanpa muncul di laman story pengguna IG lainnya!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak