Cara Membuat Poster Landscape di Canva Terpraktis

Daftar Isi [Tampil]

 

cara membuat poster landscape di canva


Bagi penggemar desain grafis tentunya sering mendengar platform canva. Aplikasi ini dapat dipasang pada mobile ataupun desktop. Namun, untuk sebagian orang masih bingung bagaimana menggunakannya, khususnya cara membuat poster landscape di Canva. Penasaran? Simak pembahasan berikut ini!

Cara Membuat Poster Landscape di Canva dengan Mudah

Sebelum masuk ke uraian mengenai cara membuat poster landscape di Canva, pengguna wajib memiliki akun tersebut. Langkahnya yaitu dengan mengakses link platformnya lalu masuk ke situs dan klik Sign Up pada sudut kiri atau kanan tampilan. Atau bisa juga melalui Facebook, Email, dan Google. Setelahnya, ikuti instruksi berikut ini: 

1. Tentukan Ukuran pada Poster

Langkah pertama yang wajib dilakukan yaitu menentukan ukuran yang tepat pada poster ini atau plakat yang ingin dibuat. Pada aplikasi Canva, telah tersedia banyak variasi  yang bisa digunakan. Caranya dengan mengetuk opsi pada bar atas, lalu geserlah dan klik Selebaran (misal: A4). Kemudian pilih Ubah Ukuran dan sesuaikan. 

2. Pilih Template pada Poster

Langkah selanjutnya yaitu memilih template yang telah tersedia (lebih dari 50 ribu) pada aplikasi ini. Untuk cara membuat poster landscape di canva di sinilah tempatnya. Pengguna hanya tinggal mengetikkan “Jelajah Canva” lalu pilihlah Portrait atau Landscape. Setelah itu, klik Edit untuk dapat menyunting. 

3. Tambahkan Gambar pada Poster yang Dibuat

Apabila pengguna ingin menambahkan gambar dalam poster, silahkan klik ikon + yang terletak pada sudut kanan bawah. Pada platform ini, telah tersedia beragam picture yang menarik dan beragam yang jumlahnya jutaan. Namun, jika yang diinginkan tidak ada, bisa mengunduh lewat aplikasi lain dan menyisipkannya pada Canva.

4. Terapkan Font pada Poster

Langkah keempat yaitu menyesuaikan ukuran, jenis, warna, dan style font tulisan pada poster. Pilihannya pun tidak kalah beragam seperti template dan gambar yang disediakan oleh aplikasi. Jangan lupa untuk menambahkan pesan dengan mengetuk opsi Text pada sebelah kiri tampilan.  Setelahnya, pengguna dapat langsung memilih yang disediakan atau memilih secara manual. 

5. Jalankan Pencetakan Poster

Ini adalah metode yang terakhir pada cara membuat poster landscape di Canva. Di mana desain yang telah dibuat akan tersimpan dengan otomatis di folder penyimpanan aplikasi. Apabila pengguna ingin mencetaknya perlu mengunduh terlebih dahulu, pada opsi Download di bar kanan atas. Selain itu, pengguna dapat juga langsung membagikan desain ke media lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Poster dengan Canva yang Wajib Dicoba

Tips Membuat Desain Poster pada Canva

Dalam membuat suatu karya pengguna harus memperhatikan aspek-aspek yang dapat menunjang nilai estetika dan makna yang terkandung. Salah satunya poster, di mana ada beberapa sentuhan wajib dalam pembuatannya. Khusus pada aplikasi Canva, yang wajib diperhatikan di antaranya:

  • Lakukanlah riset dari berbagai sumber atau referensi sebelum memulai membuat poster agar hasilnya menjadi lebih matang;
  • Batasi pemakaian jenis, warna, dan gaya tulisan agar mudah dibaca. Selain itu, gunakan bahasa yang mudah dipahami;
  • Bijaklah dalam menggunakan skala karena sangat berpengaruh pada bentuk hurufnya;
  • Proporsikan elemen lain seperti ruang spasi untuk mensejajarkan teks dan mengurangi kata-kata agar tidak ada kalimat yang berlebih;
  • Akurasikan penggunaan background dan alignment dengan komposisi desain yang seimbang supaya terlihat rapi;
  • Buatlah poster secara sederhana dengan keunikan, kreativitas, dan orisinalitas. Tujuannya agar dapat diingat oleh targetnya; dan
  • Pastikanlah semua elemen-elemen sudah seimbang, seperti kontras yang cukup dan teks yang tidak sulit dibaca.

Baca Juga: 5 Aplikasi Wajah Mirip Artis dengan Teknologi AI

Bagaimana? Sekarang sudah tidak bingung lagi kan, mengenai cara membuat poster landscape di Canva? Jadi tunggu apa lagi? Segera saja gunakan aplikasinya, dan lekas buat poster untuk berbagai macam kebutuhan! 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak