Ketahui Cara Membuat Undangan Digital dengan Canva Paling Simple Berikut!

Daftar Isi [Tampil]

Ketahui Cara Membuat Undangan Digital dengan Canva Paling Simple Berikut!


Di zaman serba digital seperti ini membuat semua pekerjaan lebih terasa mudah, seperti dalam membuat sebuah undangan. Jika dahulu dalam membuat undangan masih menggunakan tulisan tangan atau menggunakan Microsoft Word, lain halnya dengan sekarang. Orang dapat membuat undangan versi digital melalui aplikasi seperti Canva. Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara membuat undangan digital dengan Canva. Jadi simak dengan seksama!

1. Unduh Aplikasi Canva

Pengguna harus mempunyai aplikasi serta akun Canva terlebih dahulu. Aplikasi Canva dapat diunduh di Play Store atau bisa juga dengan mengunjungi link www.canva.com. Jika sudah masuk, pengguna bisa login dengan akun yang sudah ada, atau jika belum mempunyai akun, daftarlah terlebih dahulu menggunakan akun Google atau akun Facebook.

Jika menggunakan akun Google tinggal klik opsi Google dan masukan alamat Gmail yang digunakan. Namun, jika menggunakan akun Facebook maka pilihlah opsi Facebook serta masukan username dan password. Akun akan secara otomatis terdaftar dan pengguna bisa masuk dengan menggunakan salah satu dari dua opsi tersebut.

2. Pilih Bentuk Undangan

Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke halaman utama pada aplikasi Canva. Ada banyak sekali pilihan desain undangan yang bisa digunakan, seperti undangan pernikahan, undangan lokasi pernikahan, undangan pendamping pernikahan, preset poster, hingga selebaran. Pilihlah salah satu desain sesuai dengan kebutuhan undangan yang akan dibuat.

Ada pula beberapa pilihan bentuk undangan mulai dari persegi, persegi panjang, kotak, hingga bentuk bulat. Pilih bentuk yang sesuai dengan tema undangan serta keperluan acara dalam undangan tersebut. Jangan sampai memilih bentuk yang tidak sesuai dan kurang estetik.

3. Gunakan Template

Jika sudah memilih bentuk undangan sesuai dengan keinginan, langkah selanjutnya adalah memilih template atau preset undangan. Akan muncul banyak sekali desain undangan yang pasti semuanya keren dan juga bagus. Tetapi, sekali lagi pilih desain undangan yang sesuai dengan tema undangan yang akan dibuat. Pengguna bisa memilih yang gratis atau berbayar, jika ingin memilih yang tidak berbayar, pilih saja desain yang ada tulisan “gratis”.

Di dalam fitur tersebut ada juga beberapa fitur yang bisa digunakan seperti untuk menambah halaman baru, edit halaman kerja, kotak bantuan tutorial, hingga kotak untuk memilih template. Manfaatkan fitur-fitur tersebut untuk membuat tampilan undangan yang semakin antik.

4. Buat Isi Undangan

Hal yang paling penting cara membuat undangan digital dengan Canva adalah isi dari undangan tersebut. Tidak mungkin bukan jika undangan yang dibuat tidak memiliki isi atau maksud tertentu? Jadi pengguna bisa mengubah tulisan pada template tersebut sesuai dengan acara yang akan digelar. Pengguna tidak perlu lagi mengubah apapun di desain tersebut, karena pengguna tinggal mengubah isinya.

Bahkan, pengguna juga bisa memilih bentuk huruf atau font yang sudah disediakan oleh pihak Canva. Fitur font biasanya terletak di atas sendiri. Untuk mengubah font bisa dengan memilih kalimat yang ingin diubah lalu klik pada bagian fitur font. Pilihlah font yang sesuai selera dan jangan lupa juga atur jarak antar kata.

5. Unduh Hasil Undangan

Jika sudah puas dengan hasil undangan yang sudah dibuat tadi, pengguna dapat langsung mengunduhnya dengan cara pilih tanda panah arah ke bawah yang terletak di atas. Setelah itu akan ada pilihan format file seperti PNG, JPG, serta PDF. Pilih salah satu format tersebut, jika ingin dicetak maka sebaiknya pilih PNG atau PDF.

Kemudian akan muncul sebuah kotak pilihan. Pilihlah opsi “Lanjutkan Menyunting”. Setelah langkah tersebut pengguna juga bisa langsung membagikan undangan digital ke media sosial yang terhubung dengan aplikasi Canva.

Seperti itulah cara membuat undangan digital dengan Canva. Rekomendasi ara ini tentunya lebih mudah serta tidak memakan biaya terlalu banyak. Apalagi, di zaman seperti sekarang, lebih baik kurangi penggunaan kertas dan gunakan undangan digital yang tentunya lebih ramah lingkungan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak