Cara Menggunakan Aplikasi Pemesanan Grab Car dan Tarif yang Dipakai

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menggunakan Aplikasi Pemesanan Grab Car dan Tarif yang Dipakai

Kebanyakan orang mungkin masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi pemesanan Grabcar ketika mengoperasikannya pertama kali. Oleh karena itu, pada penjelasan ini akan dijelaskan secara rinci. Dengan begitu pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mempermudah berbagai aktivitas.

Langkah Menggunakan GrabCar

Sebenarnya cara membuat pesanan di GrabCar ini sangat mudah. Bahkan bagi yang masih baru mencoba mengoperasikannya, pasti langsung paham. Berikut ini langkah-langkahnya secara lengkap:

1. Buka Aplikasi Grab

Dapatkan aplikasi Grab dari Google Play Store secara gratis. Jika sudah mengunduhnya, segera pasang dan buka aplikasinya. Jangan lupa untuk melakukan login. Pastikan nomor telepon yang digunakan sudah benar dan tentunya masih aktif. Untuk menggunakan layanan berupa GrabCar, pengguna bisa memilih ikon yang bergambar mobil.

2. Tulis Detail Alamat

Setelah berada di menu GrabCar, pengguna harus memasukkan detail alamat tempatnya berada sekarang. Pastikan alamat tersebut ditulis dengan jelas agar pengemudi yang menjemput nanti tidak mengalami kebingungan. Sehingga tidak akan ada kasus salah alamat atau telat waktu penjemputan. Pengguna bisa mencantumkan lokasi tersebut di kolom Pick Up.

3. Masukkan Alamat Tujuan

Dalam memanfaatkan layanan aplikasi pemesanan Grabcar, pengguna bukan hanya diharuskan mencantumkan alamat penjemputan. Tapi juga wajib menulis lokasi yang akan dituju nanti. Pada bagian ini pun sama. Alamat tersebut harus diisi dengan jelas untuk memudahkan driver yang akan mengantar nanti. Tuliskan lokasinya di kolom I’m Going to.

4. Baca Detail Kendaraan

Setelah berhasil menuliskan lokasi penjemputan dan alamat tujuan, pengguna harus membaca detail kendaraan yang akan digunakan. Pihak GrabCar memang menyediakan berbagai merek mobil terkenal yang bebas dipilih. Rata-rata kendaraan yang disediakan di sini yaitu Avanza, Kijang Innova, Xenia, dan mobil-mobil lainnya.

Selain dari segi jenis kendaraan, dalam GrabCar juga ada model mobil yang bisa di-booking. Berikut ini kelima detail kendaraan tersebut:

  • GrabCar Standar: menggunakan mobil yang menyediakan 4 tempat duduk
  • GrabCar 6: menggunakan mobil yang menyediakan 6 buah tempat duduk
  • GrabCar Plus: khusus untuk jenis kendaraan yang mana driver-nya sudah memperoleh rating berupa bintang lima
  • GrabGerak: menggunakan kendaraan yang ramah terhadap para penumpang disabilitas

5. Pilih Driver dan Konfirmasi Pesanan

Selanjutnya pengguna akan diberikan daftar dari pengemudi yang lokasinya dekat dengan alamat tersebut. Bukan hanya nama, tapi juga ditampilkan detail lainnya. Mulai dari nomor polisi dari kendaraan yang digunakan, foto driver, hingga nomor telepon. Selain itu, para pengemudi tersebut sudah pasti terlatih.

Jika pengguna sudah melakukan konfirmasi, selanjutnya GrabCar akan memberikan informasi tersebut kepada driver. Lalu diberikan informasi biaya yang sesuai dengan tujuan nantinya. Menariknya, pengguna bisa melakukan pembayaran secara tunai, menggunakan kartu kredit, atau memanfaatkan promo dari OVO. Selain itu pengguna juga dapat melakukan pelacakan lokasi dan membagikannya kepada orang terdekat.

Tarif dari GrabCar

Berbeda dari aplikasi lainnya, GrabCar ini memberikan tarif yang pasti dan sesuai dengan tujuan yang sudah dicatat. Jadi, pengguna tidak bisa tiba-tiba mengubah tujuannya atau menambahkan lokasi lain. Jika ingin diantar ke tujuan lain, secara otomatis pengguna juga harus membuat pesanan yang baru.

Selain itu, di GrabCar ini tidak menyediakan biaya pembatalan. Jadi, tidak dianjurkan membatalkan pesanan sesuka hati demi kenyamanan pengguna juga driver. Kalau ingin dibatalkan, sebaiknya segera hubungi pengemudi supaya tidak membuat bingung. Tapi keuntungan dari memakai GrabCar yaitu tidak ada biaya tambahan walaupun nantinya di jalan terjebak macet.

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan aplikasi pemesanan Grab Car. Layanan ini memang tersedia 24 jam selama 7 hari untuk memudahkan pengguna dalam bepergian. Tidak perlu takut dan khawatir. Karena para pengemudi dari GrabCar sudah pasti terlatih.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak